Pages

Labels

KAMI MENGHATURKAN...SELAMAT DATANG.. TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA INI

Rabu, 13 April 2011

AGRIBISNIS JANTUNG PISANG

Pohon pisang berbuah,  biasanya jantung pisang akan dipotong dan dibuang begitu saja. Padahal sebenarnya jantung pisang ini dapat diolah menjadi masakan diantaranya dendeng, keripik, abon, sate dan campuran bakso. Jantung pisang sebenarnya juga memiliki kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh manusia. Menurut Analisa laboratorium, jantung pisang memiliki kadar protein 12,05%, karbohidrat 34,83%, dan lemak 13,05% yang tentu saja sangat cocok bagi penganut vegetarian.

Berikut ini cara membuat dendeng jantung pisang (Denjapi) :
1. Ambil jantung pisang dan buang kelopak paling luarnya, kemudian cuci bersih dengan menggunakan air biasa.
2. Setelah dikelupas satu per satu, kemudian potong kotak kecil-kecil sesuai ukuran yang diinginkan.
3. Rebus potongan jantung pisang tersebut selama minimal 30 menit, kemudian tiriskan. Selain direbus, jantung pisang bisa dikukus tetapi membutuhkan waktu lebih lama yaitu sekitar 45 menit.
4. Siapkan bumbu yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada, gula kelapa, susu kedelai, ketumbar, kaldu, garam dan penyedap rasa. Bisa juga ditambahkan daging ikan supaya terasa lebih enak.
5. Tumis bumbu dengan minyak goreng sampai keluar bau harum, lalu masukkan potongan jantung pisang yang telah direbus dan aduk selama 30 menit.
6. Angkat potongan jantung pisang tersebut dan biarkan sampai dingin. Setelah dingin, taruh dalam loyang kemudian dikeringkan dengan oven. Pengeringan juga bisa dilakukan dengan menjemur dibawah sinar matahari.
7.Setelah kering, goreng potongan denjapi dalam minyak panas dengan dibolak-balik sampai matang.
8. Denjapi siap untuk disajikan. Denjapi juga tahan disimpan hingga 1 tahun.

0 komentar:

Posting Komentar

About Me

BP3K PEDES
1. Yuyus Yusmana,S.PKP 2. Karnadi Suheryadi 3. Cucu Hendrik,A.Md 4. Hamdan,SP 5. Ramdhani,SP 6. Encum Nurhidayat 7. Dalim Jm.
Lihat profil lengkapku